Senin, Oktober 11, 2010

Setupdd.sys Could Not be Loaded

Sesuai judul Setupdd.sys Could not be Loaded. Masalah yang sempat membuat kepalaku pusing tujuh keliling. Gimana bisa? ya iyalah...

Kronoligisnya begini:
Adek Sepupu saya minta dirakitin komputer, tetapi gratis. Karena keterbatasan dana, saya merakit yang 2nd saja, dengan dasar pertimbangan lebih murah, dan komponen HDD dan Casing sudah ada.

Sayapun beli Mobo dan Procie sekenan ke grosiran yang ada di Mangga Dua. Dapetnya Mobo Gigabyte GA-8SIML + Procie Intel PIV 2.0GHZ



Setelah rakit selesai, adakadabra fuaahhhh..... PC Pentium IV jadi sudah, dengan memory 256MB + 128 MB. Betapa senangnya sepupu saya begitu dia sudah bisa pake komputernya dengan lancar dan lumayan kencang dibandingin komputer dia yang jadul.

Setelah sore mau pulang, tiba-tiba sepupu saya manggil, bilang kompienya error. Pikir saya paling masalah software saja.
Setelah saya cek muncul error Pci.sys not be found, trus ada instruksi restart komputer dari CD Room, kemudian pilih repair.
Buru-buru saya ambil CD Installer Windos XP sp2, trus saya restart dan pilih boot melalui CD.

Tetapi lagi-lagi komputer gak mau install, muncul error Setupdd.sys Could not be loaded.
saya pikir CD Installer-nya yang rusak, saya ganti dengan CD asli, tetap gak mau. Kutak-katik sana sini mulai dari HDD sampai CDRoom tetap gak ada perubahan.

Karena sudah malam saya pamit saja pulang, dan janji besok akan datang benarin kembali.
Sesampai di rumah saya coba googling kira-kira kenapa hal itu bisa terjadi. Dan web yang pertama saya kunjungi adalah Web nya si Microsoft itu sendiri. Setelah masuk web si Microsoft ternyata penyebabnya karena ada hardware yang bermasalah.

Kemudian saya ingat-ingat kembali, saya sudah cek HDD, CDRoom, tetapi saya tidak cek memory DDR yang saya pasang (ada 2 keping), karena memang sebelumnya dipakai tidak pernah masalah.

Setengah tidak percaya, coba copot 1 keping memory DDR-nya, kemudian nyalaian kompienya dan...................>>>>>>>

WELLCOME
Windows XP

Kompienya normal kembali tanpa instal atau repair Windowsnya.
Penyebabnya ternyata karena 1 keping DDR-nya sudah tidak bagus.

Begitu kejadian yang sepertinya sepele tetapi cukup bikin pusing juga.
Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang mengalami hal serupa.
Dantocom di Facebook

Artikel Lainnya..



Share