Jumat, Desember 02, 2011

BERBAGI / SHARING FILE DALAM JARINGAN LAN

Bagi anda yang sudah mahir komputer mungkin artikel ini terasa sudah usang. Namun bagi teman-teman kita yang masih awam mudah-mudahan artikel ini bisa membantu. Sebenarny artikel membuat folder sharing di Jaringan LAN ini saya tulis juga karena ada permintaan dari sobat Dantocom.

Anda bekerja dalam jaringan LAN, dan anda ingin berbagi file dengan rekan anda tetapi orang lain tidak boleh tahu dan tidak bisa mengakses  file tersebut? Cara paling sederhana dan paling mudah dan murah adalah membuat folder sharing , daripada kamu harus menyiapkan 1 pc untuk file server.

Untuk berbagi file dalam jaringan dengan membuat folder sharing, Simak Tips Trik berikut ini.
Untuk membuat folder  share  sangatlah mudah di dalam windows. Membuat folder share dimaksudkan agar beberapa user yang berhak bisa saling bertukar dan mengakses file yang sama.  Berikut cara membuat folder share di  jaringan LAN.

Terlebih dahulu, matikan pengaturan simple sharing yang ada di folder option. Dari windows explorer klik menu tools kemudian pilih folder option. Pilih tab View, kemudian hilangkan tanda centang pada option  “use simple file sharing(recommended)” dan klik OK jika sudah selesai.

Buatlah sebuah folder di dalam komputer sobat. Kemudian letakkanlah file-file yang ingin anda share kepada rekan anda ke dalam folder tersebut. Atau bisa juga salah satu drive komputer anda langsung di-share dengan rekan yang lain.

  • Untuk berbagi file dengan rekan anda, klik pada folder  atau drive tersebut kemudian klik kanan mouse anda dan pilih menu “sharing and security”

  • Klik pada tab sharing, aktifkan pilihan “share this folder”
  • Pada kotak isian share name, isikan nama folder share anda. Contohnya “lotus8”.  Nama ini adalah identitas pada saat kita akan mengakses folder tersebut dari komputer lain atau via jaringan LAN. Nah.. folder anda sudah di share dan orang lain secara bebas bisa mengakses folder tersebut sekaligus bisa mengedit bahkan menghapus isinya.  Dan bahkan ketika si user mengklik “my network place” yang ada di windows explorer pc si user, maka folder sharing anda akan  terlihat secara otomatis. Sebenarnya untuk membuat folder sharing menjadi hidden anda cukup menambahkan “$” tanpa tanda kutip dibelakang nama folder sharing anda. Contohnya menjadi seperti ini: “lotus8$”.

  • Agar  file-file anda yang ada di folder sharing tidak bisa dilihat atau diedit sembarangan orang, maka lakukan pengaturan lebih lanjut pada folder sharing anda, klik permissions.Defaultnya adalah semua user bisa melihat folder share tersebut. Sorot pada user everyone kemudian pilih remove . Nah sekarang anda bisa atur siapa-siapa saja yang bisa mengakses folder share tersebut. 
  • Untuk menambahkan  siapa saja yang bisa mengakses folder share tersebut, klik add kemudian masukkan nama user-nya. Anda bisa mengecek apakah user yang anda ketikkan benar apa tidak dengan menggunakan tombol check names, setelah itu klik OK.

    • Selanjutnya sorot user yang baru saja anda tambahkan, dan aturlah security untuk user tersebut. Full control berarti user tersebut bisa read and write, atau pilih read jika user tersbut tidak boleh mengedit file yang di sharing.


    Nah sekarang folder yang anda sharing hanya bisa diakses oleh orang-orang yang anda sudah tentukan.

    Untuk mengakses folder share tersebut dari komputer lain dalam jaringan, anda bisa panggil dengan windows explorer ataupun pakai perintah run.

    Format pemanggilannya adalah sebagai berikut:

    \\IP atau nama komputer tempat folder share\nama folder \
    Contoh:  \\el_rafa\lotus8$

    Pada  address bar windows explorer anda cukup mengetikkan \\el_rafa\lotus8$  kemudian enter, dan sekarang andapun sudah bisa berbagi file dalam jaringan dengan rekan-rekan anda.


    Selamat mencoba…
    Dantocom di Facebook

    Artikel Lainnya..



    Share