Rabu, November 16, 2011

Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Proxy

Hai Sobat Dantocom, kita ketemu lagi. Terimakasih sudah mengunjungi blogku ini. Meskipun masih di-restricted sama google, yah harus tetap semangat.

Kali ini saya akan coba mengupas sekitar penggunaan proxy dan manfaatnya khususnya dalam mengakses situs yang diblokir.
Sobat semua tentu sudah tahu kan apa itu proxy atau mungkin sekedar dengar proxy pasti sudah pernah. Pengertian lebih sederhananya Proxy itu adalah perantara permintaan dari user mencari sumber daya dari server lain. Klien A terhubung ke Server perantara, meminta beberapa servis, seperti berkas, koneksi, halaman web, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari server yang berbeda. Server perantara mengevaluasi permintaan menurut aturan penyaringan.

Atau bahasa awamnya proxy itu adalah kurir perantara antara IP satu ke IP lain. IP itu adalah Internet Protocol atau bisa dibilang juga alamat computer kita di internet. (dikutip dari: Wikipedia)
Jadi kalau kita menggunakan proxy, ketika kita meminta data ke satu website maka permintaan kita akan dikirim dulu ke pihak proxy dan pihak proxy-lah yang meminta datanya ke server situs tersebut. Kemudian server proxy akan mengirimkan data itu kembali kepada kita. Jadi mutar-mutar akibatnya terkadang koneksi jadi agak lambat.


Terus kalau koneksi menjadi lambat kenapa perlu proxy? Kan lambatnya kadang-kadang doang.. hehehehhhe.. nyeleneh yah jawabannya… 

Nih simak manfaatnya di bawah ini.
Manfaat Penggunaan Proxy adalah:
  1. Proxy bisa menyembunyikan identitas IP anda.
  2. Dapat digunakan untuk mengakses suatu website atau IP yang diblokir oleh Penyedia ISP ataupun pihak Pemerintah.
  3. Nah selain untuk membuka situs yang diblokir, Proxy dapat juga digunakan untuk memblokir akses ke suatu IP atau website.
  4. Meningkatkan Privacy atau keamanan karena proxy ini akan menfilter cookies yang tidak diinginkan dan tersimpan dalam keadaan ter-encrypted
Tetapi  kebanyakan teman-teman yang menanyakan kepada saya, pasti mengenai manfaat yang nomor 2  yaitu membuka situs yang diblokir Hehehehhheee… tahukan alasannya?

Bagaimana mengakses situs yang diblokir? Itulah pertanyaan hampir  99% teman-teman. Terus saya jawab saja pakai proxy, ehhh malah nanya lagi gimana caranya pakai proxy? 
Nah sobat Dantocom, daripada pusing-pusing langsung saja ya.

Cara penggunaan proxy sebenarnya cukup gampang.

  • Pertama tentu kita harus tahu dulu IP dan Port proxy yang akan kita gunakan. Googling aja yah banyak, yang paling sering digunakan adalah hidemyass.com……
  • Kemudian buka browser anda (misalkan: Firefox) terus klik menu toolsĂ optionĂ klik tab  network
  • Pada opsi connection  klik button setting, kemudian klik manual proxy configuration setelah itu masukkan ip proxy dan port-nya kemudian klik OK. 

  • Nah sekarang kamu sudah bisa mengakses situs yang diblokir tadi.


Tetapi cara diatas adalah sedikit ribet sebab ip proxy yang kita gunakan kadang suatu saat tidak selalu berhasil jadi kita harus ganti lagi dengan proxy yang lain.

Nah berikut ini  sebenarnya ada cara yang lebih simple, yaitu menggunakan addons Mozilla firefox yaitu phzilla.

  • Pertama silahkan unduh addons phzilla-nya di SINI.  Atau copykan alamat berikut ke browser anda https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/phzilla/
  • Kemudian install addons phzilla tersebut, setelah pengistallan selesai maka restart-lah firefox anda. Dan addons Phzilla otomatis sudah aktif.


  • Cobalah ketikkan alamat  situs yang diblokir di addres bar firefox, kemudian klik logo P dalam kurung yang ada di ujung address bar untuk browsing menggunakan Phzilla. Jreng…. Dijamin situs yang diblokir sudah bisa anda akses sesuka hati… senang dong ya…Hehehehehe… saya tahu kenapa..
  • Untuk menyesuaikan security level ataupun mengganti server proxy anda tinggal klik kanan icon Phzilla yang ada di ujung kanan address bar, nah tinggal pilih menunya deh…


OK  Sobat Dantocom, selamat  Mencoba. Good Luck!
Dantocom di Facebook

Artikel Lainnya..



Share